Ceps ibo Blog

Selamat Datang Bro…

Kata Motivasi Mario Teguh Cinta Tanpa Restu

Cinta tanpa restu, biasanya itu terjadi justru kepada orang-orang hebat. Bukan karena orang tua tidak setuju kepada orang hebat, tetapi selalu orang hebat tidak pernah mudah, termasuk cintanya. Masalah itu tanda penghormatan Tuhan kepada orang. Orang-orang yang tidak dihormati tidak dikasih masalah atau tidak merasa masalah. Orang-orang hebat selalu diberikan masalah, karena masalah adalah penanda kelas. So tidak direstui orang tua (cintanya), apakah itu malapetaka atau potensi? Tidak direstui adalah keadaan sementara, banyak orang memperlakukan seperti permanen. Semua restu atau tidak direstui adalah keadaan yang bisa diubah. Jadi setiap kali Anda masuk dalam satu hubungan yang tidak direstui, Anda katakan kepada dirisendiri “ini keadaan sementara”. Kita lihat logikanya dengan happy, karena sebetulnya semua pelajaran itu harusnya menyenangkan, hanya orang malas yang diberikan pelajaran yang pahit. Tapi kalau kita ikhlas belajar, semua pelajaran itu menyenangkan.

Herannya untuk beberapa orang yang cintanya tidak direstui walaupun terasa sakit tetap berusaha mengejar, mengikuti terus pasangannya walaupun sudah tahu sebenarnya belum tentu akan bisa mendapatkan, bagaimana untuk orang-orang seperti ini? Itu wajar, itulah yang namanya cinta. Cinta itu kalau tidak gila bukan cinta (perhatikan orang yang sedang jatuh cinta dan Anda heran dia bisa cinta dengan orang itu), satu lagi adalah cinta harus memiliki (itu sebabnya Anda ditolak semakin Anda memaksa). Meskipun dia harus ingat bahwa semua orang yang jatuh cinta lupa bahwa tidak semua pacar akan jadi belahan jiwa. Sebagian besar pacar Anda adalah calon mantan, tapi anehnya kita itu seperti memiliki hak milik kepada mantan. Kita paling marah kalau sahabat kita pacaran dengan mantan kita, seperti harus ada ijin untuk pacaran dengan mantan. So cinta itu memang mengharuskan kita memiliki, bahkan yang dulu-dulupun kita miliki. Kalau begitu wajar, kalau kita melihat orang tidak masuk akal dalam cintanya dan sangat marah apabila ditolak atau sangat galau kalau dia merasa tidak mampu memaksakan kehendaknya.

Bagaimana dengan orang yang terus menyalahkan orang yang melukainya? Pernah dengar orang yang mengatakan aku benci cinta, laki-laki itu semuanya penipu. “Jangan salahkan orang yang terus melukaimu tapi tanyakan mengapa dirimu terus nginthil sama dia”. Jadi salahkan diri, mengapa masih setia kepada orang yang tidak setia. Kalau begitu sebagian besar dari cinta itu gengsi, Anda gengsi menerima Anda salah mencintai, sehingga Anda mempertahankan bahwa waktu orang tua benarpun Anda melawan orang tua karena malu mengakui Anda salah. So kadang-kadang harus lebih ikhlas mengakui, ya aku ini yang salah, aku perbaiki sehingga aku tidak terpaksa merasakan derita dari pemaksaanku sendiri.

Cinta tanpa restu, dari sudut perhatian. Orang kalau mencintai biasanya penuh dengan perhatian, tapi ada beberapa orang yang menunggu cinta dari seseorang padahal orang tersebut tidak sama sekali memperhatikannya, bagaimana dengan hal tersebut? Lawan dari cinta itu bukan kebencian, lawan dari cinta itu pengabaian. Jadi yang membuat cinta itu mati, itu pengabaian (diabaikan). Tapi karena gengsi kita, kita menolak diabaikan. “Cinta itu perhatian, kalau tidak perhatian berarti bukan cinta, kalau tidak cinta kenapa harus diperhatikan”. Tapi terkadang kita sudah tidak diperhatikan masih cinta terus. Orang praktis itu hidupnya cepat, karena dia tidak terlibat dalam hal-hal yang tidak berguna. Anak muda tidak boleh terlibat dalam hal-hal yang tidak punya ukuran besar dimasa depan, setiap kali Anda melakukan sesuatu tanya “ini bisa besar tidak dimasa depan?”. Misal Anda wanita kenalan dengan seorang pria lalu bilang “hubungan kita bisa besar tidak ya dimasa depan?”. Sebetulnya laki-laki tidak usah khawatir, wanita itu paling cepat memikirkan pernikahan setelah kenalan. Berarti kalau begitu tugas Anda (wanita) adalah mengenali apakah dia memperhatikan, laki-laki juga begitu apakah wanita itu memperhatikan. Contohnya (pasangan kekasih) sudah mau tunangan atau sudah mau menikah, calon suaminya disuruh ambil makan sendiri, minum tuang sendiri. Wanita itu kalau mau menguasai laki-laki harus melakukan segala sesuatu diawal hubungan, cara terbaik untuk menguasai laki-laki adalah menjadikannya tidak mampu melakukan apapun. Dan itu mengharuskan Anda mengurusi segala sesuatu sampai dia tidak bisa apa-apa lagi, sampai dia tanya kaosku dimana? Sepatuku dimana? Itu Anda berkuasa sekali, karena kalau dia tidak Anda beritahu bajunya dimana, dia tidak bisa keluar rumah. “Perhatian”, banyak wanita tidak tahu bahwa perhatian adalah senjatanya, kalau dia perhatikan laki-laki itu dia ikhlas menyerahkan banyak hal sampai dia sendiri tidak mampu melakukan apapun. Baiknya dimana? Baiknya laki-laki itu berfokus pada dimana dia paling ahli, sehingga dia betul-betul cemerlang didalam keahliannya lalu kehidupannya diurus oleh wanita yang sangat memperhatikannya.

Misal kita mencintai seseorang tapi tidak direstui, apakah proses tidak direstui itu salah satu isyarat dari Tuhan bahwa itu memang bukan untuk kita? Tugas kita itu membuktikan bahwa upaya terbaik kita gagal, kalau upaya terbaik kita gagal apa maksdunya? Bukan untuk kita, kalau Anda berupaya setengah-setengah gagal Anda tidak akan pernah tahu. Penyesalan dalam hidup ini bukan karena Anda melakukan lalu salah, penyesalan terbesar adalah hidup ini karena Anda tidak melakukan yang seharusnya dulu Anda lakukan.
Kalau kita berbicara mengenai cinta, berbicara mengenai rasa sayang biasanya ada kepedulian disana. Ada orang mengaku cinta pada seseorang tapi sikapnya cuek aja, itu bagaimana? Yang tadi kita bicarakan mengenai perhatian, tapi dimudahkan bahasanya saja. Kalau sayang pasti tidak cuek, itu bukan hanya antara cinta wanita dan laki-laki, ibu ke anaknya (anak kecil bisa bilang kalau sayang pasti tidak cuek). Ibunya tidak cuek ke dia, kalau cuek pasti tidak sayang. Itu berlaku kesiapapun, suami-istri, kekasih, tunangan, anak, pemimpin ke rakyatnya, rakyat ke pemimpinnya, dan sesama ke sesama. Bukti bahwa adanya kasih sayang adalah perhatian, jadi kalau Anda mengeluh di facebook atau di twitter “pacar saya cuek, jadi saya harus bagaimana?”. Sabarlah atau cari gantinya. Banyak sekali orang yang tidak menyadarinya, berarti selama ini Anda bertahan dengan orang yang mengabaikan Anda.

Jika Anda sangat mencintai kekasih Anda demikian juga dia, tapi orang tua kedua belah pihak tidak merestui, lalu apa tindakan Anda? akankah Anda mengupayakan penerimaan orang tua, kalau tetap tidak disetujui, baru putus. Atau mengupayakan penerimaan orang tua, kalau tidak disetujui, menikah tanpa restu. Mana diantara dua itu yang Anda pilih? Karena ini mengenai orang tua kedua belah pihak dan itu pasti ada yang benar, kalau satu belah pihak masih mungkin, tetapi kalau dua-duanya? Kalau dua-duanya bilang jangan, pasti ada pertimbangannya. Dan bicaranya orang tuanya yang anggun, bukannya yang marah-marah. Kalau orang tuanya anggun, seanggun Anda, Anda harus hati-hati! Karena hukumnya wanita yang baik untuk laki-laki yang baik dan sebaliknya. Coba banyak mana yang biasanya tidak baik dalam pernikahan (laki-laki atau wanita)? Yang paling banyak itu laki-laki menurut wanita, karena masalah wanita dalam hidup ini hanya satu yaitu laki-laki. Kalau Anda ingin berbahagia dengan satu jiwa yang menjadi jodoh Anda. Tapi sebaik-baiknya jiwa tidak jadi jodoh Anda, kalau Anda tidak menjodohinya. Tidak memperlakukannya dengan hormat, tidak bersahabat dengannya, tidak khawatir tentang kesehatannya, yang seperti itu baru jodoh kalau Anda menjodohinya. So kalau begitu semuanya betul-betul keputusan Anda, Anda yang menjadikan pantas untuk mendapatkan kebaikan yang Anda minta dari Tuhan.

Filed under: Buku Harian,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

My twitter

Gudang Foto

More Photos
Free Website Hosting
MoneyBux - Trusted PTC site
%d bloggers like this: