Ceps ibo Blog

Selamat Datang Bro…

2011 Kawasaki W800 Special Edition & W800 Cafe Style pictures compilation

Filed under: MOTOR

Kawasaki Z 750R

Make Model Kawasaki Z 750R
Year 2011
Engine Liquid cooled, four stroke, transverse four cylinder, DOHC, 4 valve per cylinder.
Capacity 748
Bore x Stroke 68.4 x 50.9 mm
Compression Ratio 11.3:1
Induction Fuel injection: ø32 mm x 4 (Keihin) with oval sub-throttles
Ignition / Starting Digital / electric
Clutch Wet, multiple discs, cable operated
Max Power 77.7 kW 106 hp @ 10500 rpm
Max Torque 78 Nm 8.0 kg-fm @ 8300 rpm
Transmission / Drive 6 Speed / chain
Gear Ratio 1st 2.571 (36/14) 2nd 1.941 (33/17) 3rd 1.556 (28/18) 4th1.333 (28/21) th
1.200 (24/20) 6th 1.095 (23/21) Final reduction ratio 2.867 (43/15)
Frame Tubular backbone (with engine sub-frame),
high-tensile steel
Rake/Trail 24.5° / 103 mm
Front Suspension 41 mm inverted fork with rebound damping and spring preload adjustability, 120mm wheel travel
Rear Suspension Bottom-Link Uni-Trak, gas-charged shock with piggyback reservoir Rebound damping: Stepless Spring preload: Stepless, 134mm wheel travel
Front Brakes 2x 300mm discs 4 piston caliper
Rear Brakes Single 200mm disc 1 piston caliper
Front Tyre 120/70 -17
Rear Tyre 180/55 –17
Seat Height 815 mm
Dry-Weight (wet) 203 kg (230 kg)
Fuel Capacity 18.5 Litres

 

 

Filed under: Breaking news, MOTOR

2011 NEW Honda CBR250R official video

Filed under: MOTOR

7 blunder berujung maut ketika berkendara motor

Tujuh blunder berujung maut ketika berkendara motor yang kerap dilansir beberapa situs internet. Tujuh kesalahan mendasar yang kerap diremehkan ini bakal membuka mata para bikers betapa disiplin berkendara tak bisa dianggap main-main belaka.

 

1. Perpotongan Jalur Tabrakan di perpotongan jalur selalu sama dapat terjadi pada siapa saja. Biasanya pengendara yang terlibat saling mengklaim bahwa mereka tak melihat ada motor datang. Biasanya, pengendara motor berjalan di belakang sebuah mobil, ketika mobil tersebut belok kiri, motor melaju bermanuver melewati mobil di sisi kanan. Ternyata dari arah kiri ada mobil lain yg melaju baik lurus maupun belok kanan/kiri. Hindari kesalahan :
- Jangan pernah mendahului dari kanan dimana bisa jadi ada kendaraan masuk/belok di jalur anda tanpa peringatan. Dahului dari kanan bila perpotongan jalur terlihat betul-betul bersih dan aman tak ada kendaraan lain.
- Perhatikan posisi kendaraan dan lampu sen. Tetap waspada atas sesuatu tak terduga.
- Tanyakan pada diri sendiri “sudahkah saya terlihat?”, pastikan anda di garis lihat pengendara mobil, kalau perlu terjadi kontak mata, bila ragu siapkan yg terburuk.

 

2. Tikungan Tewas di tikungan adalah mati konyol karena bisa dihindari dan tak ada alasan yg pantas untuk itu. Riset membuktikan bahwa pengendara motor tak berpengalaman atau yang sudah lama tak membawa motor menjadi korban terbanyak mendapatkan kecelakaan ini. Pengendara motor memasuki tikungan terlalu cepat hingga gagal prediksi radius tikungan. Akibatnya tak sempat melihat keadaan di ujung tikungan hingga bertabrakan dengan kendaraan dari depannya. Hindari kesalahan :
- menjelang tikungan, ambil rem dan atur posisi gigi sehingga bisa merubah jalur menikung bila diperlukan. Perhatikan marka jalan tikungan.
- masuki garis tikungan dengan penglihatan terbaik saat melewatinya (bukan seperti garis tikungan balapan motor). Sisakan ruang antara anda dan kendaraan dari arah lawan.
- jika tikungan menyempit (baik keadaan jalan maupun ada kendaraan lain), janganlah panik, karena bisa membuat motor hilang kendali.

 

3. Kebablasan Nyalip Tabrakan ketika mendahului adalah kasus paling banyak terjadi dalam kecelakan motor. Pengendara motor melaju terlalu dekat pada kendaraan didepannya hingga banting setir ke kanan dan berusaha mendahuluinya. Ternyata di depan kendaraan di depan ada kendaraan lagi sehingga pengendara motor berusaha melewati keduanya. Salah perhitungan dan salah atur jarak sehingga keluar jalur terjadilah tabrakan dengan kendaraan dari arah lawan. Hindari kesalahan :
- Resep tepat untuk mendahului adalah perencanaan matang, bersabar, tidak agresif, posisikan diri penglihatan terbaik ke arah jalan di depan, daan pastikan posisi gigi yang pas untuk menaikkan akselerasi.
- Jika ada sedikit saja keraguan di hati, jangan mendahului!
- lihat kaca spion dan area yg tak nampak di kaca spion lalu nyalakan lampu sen dan segera mendahului secepat dan semulus mungkin, ambil segera jalur semula dan jaga ruang antara anda dan kendaraan lain seluas mungkin.

 

4. Salip Terabas di Jalan Ramai Melaju menerabas kendaran-kendaraan lainya yang bergerak di jalanan ramai bisa berbahaya. Pengendara motor melaju terlalu cepat di jalur dua atau tiga dengan estimasi kecepatan lebih cepat lebih dari 45 km/jam dari kendaran lain di sekitarnya yang akan didahului. Tiba-tiba salah satu kendaraan bermanuver pindah jalur tepat di depannya sehingga si pengendara motor tak bisa menghindarinya dan terjadilah tabrakan. Hindari kesalahan :
- berkendara dengan kecepatan yang memungkinkan untuk berhenti atau bermanuver dgn tepat, disarankan jangan lebih dari 15 km/jam dari kendaraan lain di sekitar yang akan didahului.
- Fokus terhadap jalan didepan, perhatikan tanda-tanda yang berpotensi bahaya. Waspada terhadap lampu sen kendaraan lain, persimpangan, pejalan kaki, dan sisakan ruangan antara anda dan kendaraan lain.

 

5. Berkonvoi Bermasalah Berkendara bareng teman bisa menyenangkan, bisa pula menimbulkan masalah. Problem terbesar ketika salah satu pengendara motor berulah untuk berpamer ria dengan bermanuver asal-asalan. Imbasnya, formasi konvoi tak disiplin dan bisa mengundang insiden kecelakaan dengan kendaraan lain. Hindari kesalahan :
- Tetaplah dalam formasi dan memberi ruang gerak yang cukup bagi motor di konvoi.
- Beri kejelasan terhadap teman-teman di sekitar anda bila ingin bermanuver sembari menoleh dan memberi tanda isyarat yang jelas.
- Ketika mendahului, pertimbangkan teman-teman yang berada dibelakang dengan memberi ruang gerak yang cukup. Jika mengikuti motor lain, jangan dasari gerak mendahului dengan motor di depan.

 

6. Tragedi Putaran Beberapa kecelakaan melibatkan kendaraan yang memutar di U-Turn dengan pengendara motor yang melaju dari arah lawan. Pengendara motor biasanya jarang disalahkan terhadap jenis kecelakaan ini, tapi tetaplah berhati-hati. Prediksi dan bereaksi akan kecepatan dan keberadaan kendaraan lain di jalur lawan dari kemungkinan berputar tiba-tiba, Jangan percaya pada lampu sen yang diberikan karena bisa terjadi kesalahpahaman (seperti ketika berputar memberi sen kanan, tiba setelah dijalur lawan masuk ke kiri jalur). Hindari kesalahan:
- Beri ruang gerak jika nampaknya kendaraan dari arah lawan akan berputar, jika mendahului di satu jalur yg padat merayap, kendaraan yg antri didepan biasanya bermanuver kekanan mencari celah jalan didepannya.

 

7. Tabrakan belakang Pengendara motor biasanya banyak disalahkan dalam kecelakaan jenis ini daripada kecelakan jenis lain. Biasanya terjadi pada pengendara motor yg masih muda, laki laki dan mengendarai motor yg kecil. Hindari kesalahan:
- Perhatikan jalan didepan, jangan terganggu dgn “pemandangan” yg ada disekitar, bereaksilah segera terhadap lampu rem yang menyala di depan atau tanda-tanda yang menyebabkan terjadinya kelambatan di depan.
- Kenali rem motor anda, banyak pengendara motor tak menyadari potensi akan rem motor mereka.

Filed under: MOTOR

Pasang Pelindung Kaliper Rem Belakang KLX 150

OTOMOTIFNET – Sebut saja Ragil Lanang Gumilang. Salah satu pembesut Kawasaki KLX 150 yang berprofesi sebagai mekanik ini, doyan main tanah pakai besutannya tersebut. Alhasil tampilan kotor, penuh lumpur di sekujur motor kesayangannya sudah jadi pemandangan yang biasa

“Gue emang hobi main motor trail. Dan gue tahu betul risikonya dengan lumpur. Apalagi di bagian kaliper rem belakang, sering banget nempel tanah,” ujar mekanik Kebongce Motor (KM) yang ada di kawasan Jaksel ini.


Gbr 1

Gbr 2

Nah kotoran tadi bukan gak menimbulkan masalah, lo! Lumpur dapat membuat kerja rem enggak maksimal. Terlebih bisa bikin rem blong atau malah macet. Wajar, sebab tanpa pelindung, lumpur dapat menyelinap ke sela-sela kaliper rem.

Nah buat yang doyan main tanah kaya Ragil pakai KLX 150, pria berbadan kurus ini punya solusinya! “Bikin aja tameng kaliper dengan memakai pelat supaya kinerja peranti penghenti laju tetap terjaga. Intinya, kotoran jadi gak gampang masuk ke dalam kaliper tadi,” urainya.

Nah untuk langkah pengerjaan enggak terlalu repot! Pertama yang perlu disiapkan adalah pelat setebal 2 mm yang banyak tersedia di bengkel-bengkel knalpot. Harga per meter juga enggak mahal kok, yakni sekitar Rp 20 ribuan.


Gbr 3

Gbr 4

Dari sini, ukur dulu panjang baut pegangan kaliper kiri dan kanan. Kemudian hitung juga tinggi dari baut dudukan ke ujung kaliper. Dari perhitungan tadi, maka didapat angka 13 cm dan 10 cm.


Gbr 5

Tahap selanjutnya, gambar pola dengan ukuran yang sudah didapat tadi pada pelat, menggunakan pensil (gbr.1). Pola gambar harus mengikuti konstruksi atau bentuk dari kaliper itu sendiri. Sudah? Tinggal kita potong pelat memanfaatkan gunting pemotong seng (gbr.2).

Selanjutnya, lubangi peranti itu, andalkan mata bor ukuran 10 mm (baut 12) (gbr.3). Untuk pemasangan pelat tersebut harus dipasang agak jauh dari kaliper. Untuk itu, panjang baut yang dipakai yakni ukuran 8 cm dengan panjang bos 5 cm (gbr.4).

Nah sekarang tinggal rakit semua bagian jadi satu kesatuan (gbr.5). Oh ya, agar lebih terlihat eye catching, cat pelat tersebut dengan warna senada bodi atau warna-warna kontras seperti merah.

Filed under: MOTOR

Atasi Kopling Kawasaki KLX 150S Selip, Dikerasi Dan Dilubangi

Banyak pengendara Kawasaki KLX 150S mengeluh koplingnya mudah selip. Salah satunya Yopi. “Umurnya baru 4 bulan, kopling sudah selip, padahal pemakaian normal,” curhatnya.

Merasa ada yang tak beres, dibawanya motor itu ke bengkel langganan, SRM Motor. Agar tak salah diagnosa, diutarakan keluhannya pada kepala mekanik. “Kalau bukan per lemah, ya kampas gosong,” analisa mekanik bernama Junatik.

Sebelum dilakukan bongkar-bongkar, mekanik yang sering menggarap motor trail dan road-race ini melakukan test ride. Hasilnya, “Kalau dirasakan memang per lemah, terasa di hendel kopling tendangan baliknya kurang kuat.”

Segeralah bak kopling dibongkar. Pertama melepas baut footstep kanan dan kick starter pakai kunci L-6, dilanjutkan menguras oli dengan membuka tutupnya pakai kunci ring 17. Baru buka bak kopling dengan membuka ke-12 baut 8. Lalu lepas laher kopling dan buka mur pakai kunci sok 14 dan treker (gbr.1). Kemudian buka 4 baut per kopling pakai kunci T-10 (gbr.2).

Setelah terbuka, mekanik asal Demak, Jateng ini menemukan fakta baru. “Konstruksi koplingnya sangat rapat, oli susah masuk, efeknya kampas kering sehingga mudah gosong karena kurang pendinginan,” urainya. Karena fungsi oli selain sebagai pelumas, juga mendinginkan komponen.


Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4

Faktor penyebab sudah jelas, berarti tinggal mencari solusi. Untuk per lemah tentu tinggal cari yang lebih keras, “Bisa pakai aftermarket khusus KLX 150S atau milik Ninja 150R, namun jika ingin murah, cukup ditambah ring setebal 2 mm, cari yang diameternya sama dengan per,” lanjut pria yang rambutnya mulai memutih ini.

Masalah kampas kering, tentu mesti dibuat basah. Menurut mekanik ramah ini, cara termudah dengan menambah volume oli sebanyak 200 ml. Nah, jika ingin maksimal mesti dibuatkan lubang pada rumah koplingnya, agar oli bisa masuk ke sela-sela rangkaian kampas dan pelat kopling.

“Gunakan bor mata 12 mm untuk melubangi rumah kopling luar (outer clutch) (gbr.3), cukup satu-satu. Lalu rumah kopling dalam (center clutch) pakai mata 5 mm dengan formasi 1-2, (gbr.4),” terang mekanik yang bengkelnya beralamat di Jl. Idris No. 20 Rawabelong, Jakbar.

Jika sudah selesai jangan lupa cuci bersih pakai bensin agar serpihan sisa pengeboran hilang. Rakit lagi sesuai urutan kebalikan saat membongkar, tuang oli dan coba rasakan bedanya.

sumber : OTOMOTIFNET

Filed under: MOTOR

More Info Chat with Me

Gateway Pulsa Elektrik via YM

Mau Dapet Uang Dari Twitter

SponsoredTweets referral badge

Arsip Ceps Ibo

Kategori

http://iwanfalsmania.blogspot.com
My Popularity (by popuri.us)

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 355 other followers

RSS Unknown Feed

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

My twitter

Gudang Foto

Free Website Hosting
MoneyBux - Trusted PTC site
%d bloggers like this: